Selasa, 23 Juni 2020

ANAK PANAH

“Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda.” (Mazmur 127:4)

Saat anak pertama kami lahir, Tuhan menyadarkan kami, sebagai orang tua, bahwa anak-anak bukanlah sekadar hadiah terindah dalam perjalanan kehidupan keluarga kami.  Namun, terlebih penting, mereka adalah kepercayaan yang Tuhan berikan kepada kami sebagai orang tua untuk mendidiknya sesuai dengan rencana yang sudah Tuhan tetapkan dalam hidupnya.

Pola pikir tersebut akhirnya mengubah cara pandang kami terhadap mereka.  Kami yakin bahwa suatu saat nanti mereka akan menjadi orang-orang yang Tuhan pakai secara luar biasa untuk memberkati orang-orang di sekitarnya.  Sehingga, sedari kecil, kami tidak melihat mereka sebagai anak kecil yang biasa-biasa saja.  Kami melihat calon-calon pemimpin yang akan memengaruhi dunia mereka kelak.  Dan kami diberikan kepercayaan untuk mendidik mereka.

Mazmur 127:4 menulis dengan jelas, bahwa anak-anak adalah seperti anak panah yang Tuhan pakai untuk menancap tepat pada sasarannya.  Sebelum saatnya tiba untuk diluncurkan, ia perlu berada pada busur yang direntangkan terlebih dulu untuk diarahkan pada sasarannya.  Namun, ia tidak akan berada di busur tersebut selama-lamanya.  Hingga pada saat yang tepat, Sang Pemanah akan melepasnya sehingga ia bisa mencapai sasarannya dengan tepat.

Sebagai orang tua, kita memiliki rentang waktu yang terbatas. Kita perlu mempersiapkan anak/cucu kita sebelum akhirnya mereka siap meluncur ke sasaran yang tepat, sesuai dengan rencana yang Tuhan persiapkan untuk mereka.   Saat kita merentangkan busur kesabaran, jerih payah, waktu, dan segala tenaga yang kita curahkan untuk mempersiapkan mereka, percayalah semuanya tidak akan menjadi sia-sia.

Tuhan turut bekerja dan Ia akan memberi kita kekuatan dan hikmat yang kita butuhkan.  Karena saat ia memercayakan anak-anak dalam hidup kita, percayalah Tuhan yang akan memperlengkapi dan memampukan kita untuk mempersiapkan mereka menjadi anak-anak panah yang siap diluncurkan ke sasaran yang tepat. [JN]