Selasa, 6 Agustus 2019

DAUR ULANG

Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.” (2 Korintus 5:17)

Pernahkah kita temui tas terbuat dari bungkus kopi bekas atau sepatu dari barang daur ulang? Bagus bukan? Bahkan kadang kita terkagum-kagum melihatnya. Taman-taman yang indah tapi pot-potnya terbuat dari bekas botol air mineral, tempat cat yang sudah tidak terpakai, ban-ban bekas yang dicat warna-warni dan bisa menjadi tempat duduk, dan masih banyak lagi. Atau mungkin kita juga membuatnya di rumah atau di dapur kita, dengan melakukan pemanfaatan barang-barang yang masih berguna untuk hal lain. Yang penting adalah kreativitasnya. Barang yang sudah tidak berguna, ketika berada di tangan kreatif, menjadi berfungsi dan memiliki bentuk yang baru dan indah.

Sama seperti ketika dosa ada di dalam hidup manusia, seberapa pun kuatnya kita berusaha hidup benar dan baik, tidak akan membuat kita mengalami keselamatan. Teringat dalam Alkitab, ketika ada seseorang yang berlari-lari mendapati Yesus, ia menanyakan bagaimana dia bisa mendapatkan hidup yang kekal. Dari sejak muda, dia sudah menuruti semua perintah Allah namun Yesus menjelaskan kepadanya, untuk menjual hartanya dan mengikut Yesus. Sayangnya, anak muda itu tidak meresponi panggilan Yesus untuk menjual semua miliknya dan membagikannya kepada orang miskin, lalu mengikut Yesus.

Dosa, membuat hidup kita jauh dari Allah, kacau dan tidak memiliki arah tujuan bahkan yang lebih parah lagi adalah tidak mendapatkan hidup kekal. Namun, ketika kita menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat, kita akan menjadi ciptaan baru. Sama seperti barang bekas yang sudah tak terpakai ini, ketika bertemu dengan sang kreatif, dia akan menjadi bentuk yang baru.

Ketika kita bertemu dan menerima Sang Pencipta kita, maka hidup kita pun diubahkan. Perubahan dalam setiap hal, baik tubuh, jiwa maupun roh kita.Sudahkah Sahabat NK yakin bahwa Yesuslah satu-satunya Tuhan dan kita sudah menjadi ciptaan yang baru? [NO]