Selasa, 8 Januari 2019

 

Sa Tra kan Berpindah Karna Su Sayang

“Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan.” (Markus 16:9)

Lagu Karna Su Sayang sangat viral di akhir taun 2018. Lagu berbahasa Indonesia timur ini menceritakan kisah cinta seseorang yang menyatakan tidak akan pindah kelain hati karena sudah sayang! (SO SWEET). Ada satu lirik yang menarik di lagu tersebut, yaitu “Janji tra mungkin sa ingkari, karna alasan tra kabari.” (Janji tak mungkin ku ingkari karena tak beri kabar).

Di sini penulis lagu ingin menegaskan walaupun tidak memberi kabar tapi dirinya tetap akan menetapi janjinya. Jadi sang penulis meminta sang kekasihnya untuk percaya dan menunggunya. Dalam peristiwa penyaliban Kristus, ada seorang perempuan, bernama Maria Magdalena, yang setia mengikuti Yesus dalam suka dan duka. Maria hadir saat Yesus diadili di depan Pontius Pilatus, melihat Yesus ketika dipukuli dan dipermalukan, dan saat Yesus di salib, Maria Magdalena ada di kaki salib bersama Mari ibu Yesus, dan rasul Yohanes.

Bahkan ketika Yesus sudah meninggal, dialah orang yang mendatangi kubur Yesus untuk meminyaki jasad Yesus. Sementara para murid masih sembunyi tidak berani mendekat, takut ditangkap oleh para tentara Roma. Tetapi Maria Magdalena dengan berani menghampiri kubur Yesus. Walaupun sesampainya di sana Maria tidak menemukan jasad Yesus, melainkan Malaikat yang mengatakan Yesus telah bangkit. Dan yang paling dahsyat dari hal ini adalah, setelah bangkit dari kematian, orang pertama yang ditemui Yesus adalah Maria Magdalena!

Mengapa Yesus menemui Maria Magdalena terlebih dahulu? Saya menemukan karena Maria Magdalena rindu dan haus untuk bertemu Yesus, Maria mengasihi Yesus lebih dari apapun. Dia tidak peduli akan ditangkap atau apapun, Maria selalu mengikut Yesus di saat senang, bahkan di saat terpuruk dia tidak pergi meninggalkan Yesus. Perjumpaannya dengan Yesus yang pertama telah membebaskan Maria Magdalena dari tujuh roh jahat yang ada dalam dirinya. Sejak saat itu Maria sayang, dan percaya akan janji Yesus, bahwa Yesus akan bangkit. Maria tetap setia dan rindu untuk berjumpa dengan Tuhan.

Memulai tahun 2019 ini, maukah kita terlebih dulu, rindu untuk mengalami perjumpaan kembali dengan Tuhan? [CH]