Senin, 10 Juni 2019

STANDAR KERAJAAN

Tetapi kata Rut: “Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, dan dimana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku;” (Rut 1:16)

Meghan Markle pada tahun 2017 mengumumkan bahwa dirinya bertunangan dengan pangeran Harry, cucu dari Ratu Elizabeth II. Ia anak seorang sinematografer terkenal pada tahun 80-an, dibesarkan di Baverly Hills California,  lulus sarjana ilmu komunikasi dan seorang artis Hollywood. Karirnya sedang menanjak ketika ia memberitahukan pengumuman pertunangannya. Meghan pindah ke London, kemudian diberitakan pengunduran dirinya dari dunia akting yang diikuti dengan penutupan akun media sosialnya.  Sebagai calon menantu keluarga Kerajaan Inggris, Meghan belajar dan menyesuaikan dirinya untuk kehidupan penghuni sebuah Kerajaan. Segala gerak-geriknya dikaitkan sebagai menantu Kerajaan, bukan sebagai artis.

Tidak mudah untuk Meghan melakukannya. Tetapi kesungguhannya membuatnya mengambil keputusan meninggalkan kebiasaannya yang lama dan menggantinya dengan kebiasaan yang baru. Ia menggunakan standar keluarga Kerajaan bukan standarnya sendiri. Meghan mengikuti standar Ratu Elizabeth, sedangkan Rut mengikuti standarnya Naomi. Rut lebih tegas lagi mengatakan bahwa ia sudah menjadi satu dengan Naomi, bangsa yang sama bahkan Tuhan yang sama. Rut meleburkan dirinya menjadi satu keyakinan, satu iman dengan Naomi.

Jika Meghan bisa mengubah gaya hidupnya untuk sebuah standar yang lebih tinggi, mengapa sebagai keluarga Kristen, anda tidak dapat mengubah standar pribadi agar sesuai dengan standar keluarganya Allah? Apakah sebagai kepala keluarga sudah menetapkan untuk taat kepada Tuhan? Apakah sebagai istri sudah meninggalkan kebiasaan lama dan belajar untuk tunduk pada suami? Apakah sebagai anak sudah dalam otoritas orang tua? Apakah sebagai orangtua sudah mendidik anak-anak agar memiliki standar sesuai dengan firman-Nya?

Mari Sahabat NK, mantapkan diri, teguhkan hati seperti Rut memutuskan mengikuti Allahnya Naomi untuk menjadi keluarga yang dipimpin Roh Allah dengan mengikuti standar Kerajaan Allah. [RIV]