Senin, 11 Februari 2019

 

Terang Datang, Gelap Hilang

“Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan” (2 Korintus 3:17)

Kegelapan adalah masalah yang masih belum bisa terselesaikan di pelosok-pelosok daerah di beberapa negara. Misalnya saja di desa San Pedro Laguna, Filipina. Akibat kegelapan ini, penduduk di sana hanya bisa hidup setengah hari saja yaitu antara matahari terbit hingga terbenam. Itu pun jika hari tidak hujan.

Kegelapan ini bukan sekedar masalah nyaman atau tidak nyaman sebab keadaan yang gelap pun membuat perekonomian di sana berjalan relatif lambat. Kegelapan juga mengganggu efektifitas pendidikan dan kesehatan. Jadi, jika penduduk desa di sana ingin meningkatkan mutu kehidupan mereka, mereka pertama-tama harus menghilangkan masalah kegelapan ini.

Karena itulah pada tahun 2011, sebuah yayasan amal bernama MyShelter Foundation yang didirikan oleh Illac Diaz memperkenalkan cara penerangan murah tenaga surya. Inisiatif ini disebut dengan program Liter of Light atau Satu Liter Cahaya. Teknologi ini sangat murah sebab hanya membutuhkan sebuah baterai, empat lampu LED, botol plastik, air bersih, cairan pemutih dan panel surya kecil. Dampak yang dibawanya pun begitu luar biasa.

Ketika alat penerangan sederhana ini mulai masuk ke desa, kegelapan beserta masalah-masalah yang dibawanya pun mulai hilang. Penerangan sederhana ini terbukti mampu mengurangi tingkat pengangguran, meningkatkan produktifitas kerja serta menghilangkan kebodohan karena sekarang, penduduk desa itu bisa beraktivitas lebih lama.

Sahabat NK, sadarkah Anda bahwa yang lebih penting dari menghilangkan kegelapan jasmani adalah menghilangkan kegelapan rohani? Jika kegelapan rohani dapat diusir dengan penerangan, kegelapan rohani hanya dapat diusir dengan Roh Allah. Roh Allah dapat mengusir keluar kegelapan rohani yang membatasi banyak hal dan membelenggu banyak orang. Jika hari ini Anda merasa sedang terbelenggu dan tidak merdeka, undang Roh Allah untuk masuk dalam hidup Anda sehingga Anda bisa merasakan kemerdekaan yang sempurna itu. [JEA]