Senin, 22 April 2019

 

Ketika Tuhan BERADA di Depan

‘Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; jangan takut dan janganlah patah hati!” (Ulangan 31:8)

Ketika mendapat tema renungan dari redaksi, tentang selalu ada jalan keluar, saya jadi teringat satu lagu lama karangan Jonathan Prawira atau ko Jo (biasa saya panggil dia seperti itu). Kami beberapa kali melakukan kerja sama dalam promo album lagu-lagunya. Banyak lagu-lagunya menjadi lagu favorit di gereja-gereja, bahkan pernah jadi soundtrack sinetron.

Namun di sisi lain, lagu “Selalu ada Jalan” yang saya ingat ini, kurang favorit. Entah kenapa, namun saya sendiri menyukai lirik lagunya. “Ketika jalan kulalui, berputar di padang gurun, Engkaulah yang memelihara hidupku sempurna. Ketika jalan yang kutempuh, berujung di sungai dalam, Engkaulah yang mengeringkannya untuk kuseberangi. Selalu ada jalan, saat seakan tiada jalan, S’bab Tuhan ada di depanku membuka jalan bagiku. Selalu ada jalan dimana ada kemauan, biarlah kuhidup selalu di jalan yang Kau tunjukkan kepadaku.”

Mengingatkan saya saat mengalami jalan buntu atau seolah sulit mencari jalan keluarnya, tapi saat saya berserah, saya berusaha dengan mengandalkan Tuhan, di saat itu pula Tuhan menunjukkan jalan yang harus saya jalani. Jalan keluar tersebut terkadang berupa ayat, misalnya di Matius 6:25, “Karena itu Aku berkata kepadamu: janganlah kuatir akan hidupanmu, …”

Lagu yang membuat saya terhenyak, bahwa sesungguhnya Tuhan pasti selalu di depan kita, menuntun kita untuk sesuatu yang lebih baik. Mungkin kita yang terkadang tidak menyadari jalan keluar tersebut, kita lebih mengandalkan logika dan kekuatan kita.

Mari Sahabat NK, bila saat ini Anda sedang mengalami jalan buntu, berharaplah kepada Tuhan. Dia akan membukakan jalan, selama Anda mengandalkan-Nya, selama itu pulalah kuasa-Nya bekerja. Ketika Tuhan di depan kita, jalan akan terbuka… [JA]