Senin, 22 Juni 2020

Regenerasi yang Tepat

“Berkatalah Elia: ‘Yang kauminta itu adalah sukar. Tetapi jika engkau dapat melihat aku terangkat dari padamu, akan terjadilah kepadamu seperti yang demikian, dan jika tidak, tidak akan terjadi” (2 Raja-Raja 2:10)

Antara Senior dan Junior, antara atasan dan bawahan, antara pemimpin dan yang dipimpin, kalau tidak ada regenerasi, maka akan terjadi jurang ketidaksinambungan yang dalam. Senior bisa mengalami power syndrom, junior juga berambisi menjatuhkan seniornya.

Dalam buku Pharaoh Leadership, Joshua Iwan Wahyudi mengatakan bahwa pemimpin yang disukai itu bukan pemimpin yang memiliki kemampuan teknis yang luar biasa, tapi apakah pemimpin itu berdampak atau tidak.

Kesenjangan pemimpin ini bukan hanya di perusahaan saja, tapi justru terjadi juga di gereja. Banyak pemimpin yang tidak bisa melahirkan pemimpin, walau pemimpin tersebut sangat luar biasa. Oleh karena itu pemimpin perlu menjadi mentor atas satu atau beberapa orang yang dipersiapkan untuk regenerasi kepemimpinan. Karena kadang pemimpin baru ada tapi kurang memadai karena tidak pernah diajarkan dan tidak diberi kesempatan.

Elia menjadi mentor yang baik bagi Elisa, Elia melakukan apa yang luar biasa bersama Elisa. Kerja sama yang dilakukan Elia yang memanggil Elisa menjadi penggantinya, bukanlah kerja sama-sama biasa. Karena kalau kerja sama-sama, bisa saja bekerja yang berbeda hal dan tidak nyambung. Elia sebagai senior nya dengan kerendahan hatinya melatih dan mengajari  Elisa.

Elisa sebagai yunior dengan rendah hati mau melayani dan belajar dengan sungguh-sungguh, bahkan Elisa minta double porsi apa yang Elia lakukan. Pasti mereka memiliki komunikasi yang baik. Elia memilih Elisa bukan karena Elisa sempurna, tapi tepat. Bagaimana Elia tahu Elisa adalah orang yang tepat, tentu Elia bertanya kepada Tuhan.

Demikian kita sebagai pemimpin, bangkitkan generasi muda untuk regenerasi, tanya sama Tuhan siapa yang tepat, rela mengajar dan melatihnya, berkomunikasi selalu. Ingat tidak perlu regenerasi yang sempurna, tapi regenerasi yang tepat. [JA]