September 2020 – KOMUNITAS YANG SALING MEMBANGUN

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit) 

S2 – SUASANA

Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)

BACAAN: IBRANI 10:24-25

Tuhan menginginkan agar setiap kita memiliki sebuah komunitas. Manusia adalah mahkluk sosial, oleh sebab itu manusia membutuhkan komunitas untuk dapat saling menopang dan menguatkan satu dengan yang lain. Gereja mula-mula pun dapat bertahan dari tekanan yang berat saat itu karena mereka menjadi sebuah komunitas yang sehati. Apa saja yang dapat kita lakukan di dalam sebuah komunitas yang sehat?

  1. SALING MEMPERHATIKAN (24A)

Komunitas orang percaya saat ini biasanya disebut dengan komsel atau kelompok sel. Di dalam sebuah kelompok sel yang sehat, orang-orang percaya menjadi sebuah keluarga baru yang saling memperhatikan satu dengan yang lain, sehingga jika ada yang mengalami masalah, sakit atau berbeban berat dapat dikuatkan melalui komunitas kelompok sel. Apakah Anda merasa di dalam komunitas Anda sudah saling memperhatikan? Jika belum apa penyebabnya?

  1. SALING MENDORONG DALAM KASIH (24B)

Di dalam kelompok sel yang sehat, anggotanya juga saling mendorong dalam kasih, sehingga setiap anggota dapat bertumbuh secara rohani dengan baik. Caranya bisa dengan mengajak setiap anggota untuk ikut gerakan membaca Alkitab, gerakan mezbah doa keluarga, dst. Apakah di dalam komunitas Anda sudah saling mendorong dengan kasih? Jika belum, apa kendalanya?

  1. SALING MENASEHATI (25)

Di dalam kelompok sel yang sehat juga dibutuhkan untuk saling menasehati di dalam kasih. Artinya jika ada anggota yang melakukan kesalahan, ada baiknya diberi teguran dan nasihat yang membangun agar setiap anggota dapat bertumbuh menjadi semakin serupa seperti Kristus. Apakah Anda pernah menasehati teman kelompok sel Anda? Ceritakan pengalaman Anda!

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)

Milikilah komunitas positif yang saling membangun untuk kemuliaan Allah!