September 2020 – PEMBAWA DAMAI DAN HARAPAN

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

 S2 – SUASANA

Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)

BACAAN: KIS 4:36-37; 9:26-27; 11:25-26

Yusuf yang dikenal dengan nama Barnabas oleh para rasul adalah seorang yang memiliki kehidupan yang sangat berdampak terutama bagi gereja mula-mula. Apa saja teladan dari kehidupan Barnabas yang dapat kita petik dan lakukan di dalam kehidupan kita agar dapat memuliakan Allah?

  1. MEMILIKI HATI YANG MEMBERI (KIS 4:36-37)

Alkitab mencatat Barnabas menjual ladang miliknya untuk dipersembahkan bagi pelebaran kerajaan Allah di muka bumi. Firman Tuhan berkata bahwa lebih berbahagia memberi daripada menerima. Oleh sebab itu kita juga harus belajar untuk memberi dan menabur karena Tuhan memberkati kita bukan hanya untuk dimiliki untuk pribadi semata, melainkan juga untuk menjadi berkat bagi orang lain. Apakah Anda sudah memiliki hati yang memberi?

  1. MEMILIKI HATI YANG MENGAMPUNI (KIS 9:26-27)

Barnabas juga memiliki hati yang lapang sehingga mampu menerima Saulus yang sudah bertobat menjadi rekan sekerjanya. Ingatlah bahwa tidak ada satu orang pun manusia yang luput dari kesalahan. Yang terpenting adalah bagaimana kita mampu melepas pengampunan kepada orang yang bersalah sehingga hati kita dipenuhi oleh sukacita dan kedamaian. Pernahkah Anda kesulitan untuk mengampuni seseorang yang bersalah kepada Anda? Bagaimana anda mengatasinya? Ceritakanlah pengalaman Anda!

  1. MEMILIKI HATI YANG MEMURIDKAN (KIS 11:25-26)

Barnabas adalah seorang yang bukan hanya mengampuni Saulus, tetapi juga menerima Saulus dan memuridkannya sehingga akhirnya Paulus menjadi rasul besar yang menulis hampir setengah kitab Perjanjian Baru. Tuhan Yesus memberi Amanat Agung bagi setiap orang percaya untuk memiliki hati yang memuridkan, bersedia membimbing sesama agar bertumbuh secara rohani dan semakin serupa seperti Kristus. Pernahkah Anda memuridkan seseorang? Jika belum, apa kendalanya?

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)

Belajarlah agar kehidupan Anda mampu membawa damai dan harapan bagi banyak orang!