September 2020 – SEHATI MELAWAN VIRUS PERPECAHAN

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

S2 – SUASANA

Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)

BACAAN: FILIPI 2:1-15

Iblis adalah bapa segala penipu, pendusta dan pembunuh. Sejak awal Iblis sudah berusaha merusak hubungan manusia dengan Tuhan melalui tipu dayanya. Oleh sebab itu kita sebagai orang percaya harus waspada dengan adanya virus perpecahan di sekitar kita. Hal apa saja yang dapat kita lakukan untuk dapat menangkal virus perpecahan?

  1. MEMILIKI KESATUAN (1-2)

Tuhan menghendaki agar semua orang percaya memiliki kesatuan hati, tujuan dan kasih. Hal ini tercermin dalam surat Rasul Paulus kepada jemaat di Filipi. Ingatlah ada pepatah mengatakan “bersatu kita teguh bercerai kita runtuh”. Di dalam kesatuan terdapat kekuatan yang luar biasa. Oleh sebab itu hendaklah setiap orang percaya bisa mendahulukan kepentingan orang lain agar terjalin sebuah kesatuan yang harmonis. Apa yang akan Anda lakukan untuk dapat memelihara kesatuan di dalam keluarga dan komunitas?

  1. MERENDAHKAN DIRI SEPERTI KRISTUS (3-13)

Kunci untuk menangkal virus perpecahan adalah dengan cara meneladani Kristus, yaitu merendahkan diri seperti Kristus. Perpecahan mudah terjadi ketika setiap orang lebih mendahulukan kepentingan diri. Padahal jika orang percaya dapat hidup tanpa mementingkan kepentingan diri sendiri, melainkan hidup memperhatikan kepentingan orang lain juga, niscaya virus perpecahan dapat ditangkal. Apakah Anda sudah hidup memperhatikan kepentingan orang lain di atas kepentingan diri sendiri?

  1. MELAKUKAN SEGALA SESUATU DENGAN TULUS (14-15)

Hal yang terbaik yang dapat kita lakukan sebagai orang percaya adalah melakukan segala sesuatu dengan segenap hati seperti untuk Tuhan. Jika kita melakukan untuk Tuhan, maka kita akan dapat melakukan dengan hati yang tulus, sehingga kita tidak mengharapkan imbalan apapun. Memiliki ketulusan hati akan dapat menangkal virus perpecahan. Apakah Anda sudah melakukan segala sesuatu dengan tulus hati? Jika belum apa penyebabnya?

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)

Milikilah kesehatian agar dapat melawan virus perpecahan!