September 2020 – SEHATI MENDATANGKAN BERKAT

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

 S2 – SUASANA

Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)

BACAAN: ROMA 15:1-13

Firman Tuhan mengajarkan kepada kita untuk dapat hidup dalam rukun dan sehati, karena di sanalah Tuhan akan memerintahkan berkat melimpah (Maz. 133:1-3). Setidaknya ada tiga hal yang dapat kita lakukan dalam kesehatian untuk menyenangkan hati Allah, yakni:

  1. SEHATI UNTUK MEMBANGUN (2)

Paulus mengingatkan jemaatnya dalam surat Roma agar setiap orang percaya hidup saling membangun dan tidak saling mencari kesenangan diri sendiri. Agar dapat saling membangun, orang percaya harus memiliki kesehatian baik di dalam keluarga maupun komunitas. Membangun bisa dengan cara membangun mezbah doa bersama, sharing Firman Tuhan, atau saling menguatkan bila ada yang sedang mengalami pergumulan. Apakah Anda sudah memiliki kesehatian untuk saling membangun? Jika belum, apa penyebabnya?

  1. SEHATI UNTUK MEMULIAKAN ALLAH (5-6)

Paulus juga mendoakan agar jemaat di Roma satu hati dan satu suara untuk dapat memuliakan Allah. Ingatlah bahwa kita diciptakan dengan tujuan untuk hidup memuliakan Allah. Caranya adalah dengan hidup benar sesuai firman-Nya sehingga orang yang belum percaya dapat mengenal dan memuji Allah melalui kehidupan kita. Apakah Anda sudah memiliki kehidupan yang memuliakan Allah? Jika belum, apa kendalanya?

  1. SEHATI UNTUK BERDAMPAK (8-9)

Tuhan Yesus mejelaskan bahwa inti dari seluruh kita suci adalah mengasihi Allah dan mengasihi sesama manusia. Artinya kehidupan kita juga harus berdampak baik bagi perluasan kerajaan Allah maupun bagi sesama manusia. Apabila orang percaya sehati untuk melakukan kegiatan yang berdampak, tentunya dampak tersebut akan lebih besar. Misalnya membuat gerakan untuk menolong orang2 terdampak Covid-19 dsb. Apakah kehidupan Anda sudah berdampak bagi kerajaan Allah dan sesama manusia?

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)

Belajarlah hidup rukun dan sehati dengan sesama maka berkat melimpah akan tercurah!