Stress? Jangan Berlarut. Ada Sesuatu Dibalik Stress yang Tuhan Siapkan Jika Kita Mengerti

170411172157

Semua orang pasti pernah mengalami stress. Namun mungkin beda-beda level, dari yang ringan sampai berat alias jadi depresi. Pada dasarnya penyebab stress adalah terjadinya perbedaan antara harapan dan kenyataan. Namun dalam beberapa hal stress juga bisa karena kesalahan management, misalnya ngga bisa ngatur waktu jadi pas deadline semua kerjaan dan tugas jadi numpuk.

Apapun stress itu, bisa jadi hal yang baik namun juga bisa jadi hal yang buruk. Hal yang baik karena stress yang sehat itu bisa jadi penyemangat buat semakin maksimal. Tapi stress yang buruk terjadi jika itu terjadi dalam waktu yang lama dan terus-menerus.

Ibaratnya jika kita memegang sebatang bolpen selama 5 menit, mungkin ngga papa, toh ringan. Tapi jika kita memegang ( tangan meregang ) selama 1 jam, meskipun ringan, jadinya terasa berat juga.

Namun Tuhan sebenarnya mempunyai sesuatu yang luar biasa yang Dia siapkan melalui stress ini. Jika kita mengerti, kita akan melihat hal-hal yang luar biasa.

Stress membuat kita ingat siapa kita

Saat harapan dan kenyataan jauh berbeda, disitulah kita mengerti bahwa Tuhanlah yang pegang kendali. Tidak semua hal bisa kita kendalikan sesuai kemauan kita. Tuhan tetap punya rencana yang jauh lebih baik daripada yang kita miliki.

Perlu sejenak kita berhenti, tarik nafas dan merenung

Mungkin kita terlalu cepat berlari, belum ada istirahat dan terburu-buru. Saat kita merasa stress ini waktunya untuk berhenti sejenak dan mengambil nafas dan mengingat Tuhan.

Berdoa adalah cara terbaik untuk ingat siapa kita

Saat kita berdoa, kita tidak hanya meminta, tapi juga berdialog dengan Tuhan. Saat kita berdialog dengan Tuhan, kita menyerahkan semua yang terjadi kepada Tuhan dan mempercayai bahwa Dia yang mengatur hidup kita. Saat kamu stress, mungkin inilah saatnya ambil waktu buat berdoa.

Bersyukur selalu menjadi obat paling manjur

Karena kenyataan tidak sesuai dengan harapan, hal tersebut membuat kita menjadi stress. Tapi ingatlah bahwa dimanapun posisi pencapaian kita, itu semua karena anugerah Tuhan. Jadi bersyukurlah karena Tuhan itu baik. Dia yang menuntun kita sampai sejauh ini.

Sumber : Jawaban.com