Terungkap, Sering Mengumpat Pertanda Orang Jujur

099072400_1454400340-berteriak-teriak

Banyak orang akan menilai seseorang dari penampilan, perilaku, dan cara dia berbicara. Biasanya orang-orang yang sering mengumpat akan dicap buruk. Namun, sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan sisi positif dari tipe orang-orang itu.

Penelitian terbaru yang diterbitkan Social Psychological and Personality Science menyimpulkan bahwa tipe orang pengumpat cenderung lebih jujur daripada mereka yang tidak sering mengumpat. Hal itu diungkap setelah dilakukan beberapa penelitian untuk menemukan hubungan antara kata-kata vulgar dan penyataan kebenaran.

Para periset pertama-tama mengumpulkan 276 peserta yang direkrut secara online. Mereka semua ditanya mengenai mengumpat dan kesenangan yang mereka dapatkan saat mengumpat, juga betapa jujurnya mereka. Hasilnya, peserta yang mengumpat ternyata lebih jujur pada skala kebohongan.

Pada tahap kedua, periset memakai pola bahasa 75 ribu pengguna Facebook untuk diteliti menggunakan aplikasi tertentu. Ternyata, hasilnya menunjukkan bahwa pengumpat dikaitkan dengan pola bahasa yang lebih jujur pada status di Facebook. Selain itu, analisis linguistik juga menunjukkan bahwa pria cenderung lebih tidak jujur dibandingkan perempuan.

Terungkap jika orang yang tanpa henti mengumpat tidak terlalu terganggu dengan apa yang orang pikirkan tentang mereka. Sifat tersebut membuat mereka lebih banyak berkata jujur.

(ul)

Sumber : liputan6.com