Trump: Hubungan AS-Rusia Kini Lebih Buruk daripada Perang Dingin

2a89024c-75cd-419c-aed2-a4b49ec28d7e_169Hubungan Rusia dan Amerika Serikat memanas. Bahkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa hubungan AS dengan Rusia kini lebih buruk daripada saat terjadi Perang Dingin.

Trump menyalahkan penyelidik khusus Robert Mueller karena memicu ketegangan dengan pemerintah Moskow. Mueller tengah memimpin penyelidikan atas dugaan campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden AS.

“Hubungan kita dengan Rusia kini lebih buruk dari sebelumnya, dan itu termasuk Perang Dingin. Tak ada alasan untuk ini,” cetus Trump seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (12/4/2018).

 

Trump pun mengejek ancaman Rusia untuk menembak jatuh rudal-rudal AS yang menargetkan Suriah. “Rusia bertekad untuk menembak jatuh semua rudal yang ditembakkan ke Suriah,” tutur Trump.

“Bersiaplah Rusia, karena rudal-rudal itu akan datang, bagus dan baru dan ‘cerdas!’ Anda tak seharusnya bermitra dengan ‘binatang gas pembunuh’ yang membunuh rakyatnya dan menikmati itu!” kata Trump mengecam hubungan Moskow dengan rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Hubungan AS dan Rusia memanas setelah terjadinya dugaan serangan kimia di Douma, Suriah yang menewaskan puluhan orang, termasuk perempuan dan anak-anak. AS dan negara-negara Eropa menuding rezim Assad mendalangi serangan tersebut. Tuduhan ini telah dibantah keras oleh pemerintah Suriah dan sekutu utamanya, Rusia.

Terkait ancaman Trump untuk melancarkan serangan rudal ke Suriah, sejumlah maskapai besar memutuskan mengalihkan rute penerbangan sebagai antisipasi. Pengalihan dilakukan usai badan pengendali lalu lintas udara Eropa merilis peringatan bagi pesawat yang melalui rute Mediterania timur.

Pihak Eurocontrol yang mengawasi lalu lintas udara wilayah Eropa telah merilis notifikasi pada Selasa (10/4) sore waktu setempat. Notifikasi itu memperingatkan bahwa rudal jelajah dan rudal udara-ke-darat bisa saja ditembakkan dalam waktu 72 jam ke depan dan ada kemungkinan gangguan singkat pada perlengkapan navigasi radio.

 

 

Sumber : detik.com