Wajah-wajah Penyelam yang Selamatkan 12 Remaja dari Gua Thailand

Para penyelam yang turut dalam upaya penyelamatan 12 remaja dan pelatih mereka dari gua di Thailand berasal dari berbagai negara.

Sedemikian beragamnya asal para penyelam, boleh dibilang operasi tersebut berskala global walau Angkatan Laut Thailand juga turut andil.

penyelam, thailand

Para penyelam asing, termasuk Ivan Karadzic (kedua dari kiri) dan Erik Brown (ketiga dari kanan), turut andil dalam upaya penyelamatan 12 remaja dan pelatih mereka. (AFP/Getty)

 

Identitas orang-orang yang terlibat belum banyak tersebar mengingat hanya sedikit di antara mereka yang mau berbicara.

Inilah sebagian dari mereka:

JohnVolanthendanRichardStanton

Suara John Volanthen merupakan yang pertama kali didengar ke-12 remaja dan pelatih mereka setelah sembilan hari terperangkap di dalam gua.

Volanthen dan dua rekannya yang sesama warga Inggris, Richard Stanton dan Robert Harper, diminta aparat Thailand untuk membantu upaya penyelamatan.

Ketiganya tiba di Thailand tiga hari setelah kelompok remaja tersebut menghilang.

Volanthen sendiri sejatinya berprofesi sebagai konsultan teknologi informasi, sedangkan Stanton adalah mantan petugas pemadam kebakaran. Keduanya merupakan anggota Tim Penyelamatan Gua di Wales bagian tengah dan selatan.

Mereka telah berpartisipasi dalam sejumlah operasi penyelamatan gua, termasuk di Norwegia, Prancis, dan Meksiko.

RichardHarris

Dr Harris, dari Adelaide di Australia, punya pengalaman menyelam selama berpuluh tahun.

Dialah yang memeriksa kondisi kesehatan para remaja dan pelatihnya di gua, kemudian memberi lampu hijau bagi operasi penyelamatan.

Jika para remaja itu terlalu lemah, upaya penyelamatan dengan cara menyelam akan sangat berbahaya.

Sebagaimana dilaporkan sejumlah media, Dr Harris turut andil dalam penjelajahan menyelam di gua Australia, Cina, Pulau Christmas, dan Selandia Baru.

Pria yang mendapat pelatihan khusus di bidang anestesi ini juga spesialis medis di bidang ekspedisi dan operasi penyelamatan.

Pada 2011, dia memulangkan jenazah rekannya, seorang penyelam gua berpengalaman bernama Agnes Milowka yang kehabisa udara dalam ekspedisi sulit di Australia Selatan.

Ditengarai bahwa partisipasinya dalam upaya penyelamatan di Thailand diminta secara khusus oleh para penyelam Inggris.

Penyelam AL Thailand

thailand

Empat personel AL Thailand merupakan orang terakhir yang keluar dari Gua Tham Luang. Mereka terdiri dari tiga penyelam dan seorang tenaga medis. (Facebook/Thai Navy Seals)

 

Berbagai kesatuan elite militer Thailand ambil bagian dalam upaya penyelamatan di gua. Salah satu personelnya adalah seorang dokter yang dikenal bernama Pak Loharnshoon.

Tiga personel lainnya secara sukarela mendampingi para remaja setelah mereka ditemukan sepekan lalu.

Dalam tayangan video yang dibagikan kesatuan SEAL Angkatan Laut Thailand, terlihat dokter Pak memberikan obat-obatan pada luka ringan yang dialami para remaja.

Empat personel SEAL tampak menjadi orang terakhir yang meninggalkan gua pada Selasa (10/7) malam.

SamanGunan

Pria berusia 38 tahun ini adalah penyelam purnawirawan AL Thailand yang sukarela berpartisipasi dalam upaya penyelamatan.

Saat akan keluar dari Gua Tham Luang setelah mengantarkan tabung-tabung udara, dia kehilangan kesadaran.

 

 

Sumber : detik.com