BERJAGA-JAGA DI AKHIR ZAMAN 

S1- SEMBAH DAN PUJI

S2- SUASANA

Apa berkat rohani yang Anda alami selama seminggu ini. Mungkin itu kesaksian atau berkat dari pembacaan firman Tuhan setiap hari.

S3- SHARING FIRMAN DAN DISKUSI

BACAAN: MATIUS 25:1-13

Perumpamaan tentang gadis bijak dan gadis bodoh mengajarkan kepada kita tentang sikap yang seharusnya kita ambil untuk menunggu kedatangan Kristus kembali. Dari 5 gadis bijak, kita mendapat prinsip tentang hidup berjaga-jaga di akhir zaman. Bagaimana sikap hidup benar di akhir zaman yang mereka contohkan?

  1. HIDUP SETURUT FIRMAN-NYA (ay. 1-4)

Pelita adalah sarana penerangan yang disiapkan oleh 5 gadis bijak untuk menyambut kedatangan mempelai laki-laki yang bisa datang kapan saja. Mazmur 119:105 menyatakan bahwa Firman Tuhan adalah pelita bagi kaki dan terang bagi jalan orang percaya. Dengan demikian, 5 gadis bijak itu meneladankan hidup yang dilandaskan pada Firman Tuhan agar dalam keadaan apapun selalu siap sedia dipimpin Firman-Nya.

Apa kesulitan yang umumnya Anda jumpai ketika mau mengaplikasikan Firman Tuhan di dalam kehidupan Anda? 

  1. HIDUP DIPIMPIN ROH KUDUS (ay. 8-9)

Salah satu gambaran yang muncul di Alkitab untuk menjelaskan Roh Kudus adalah “minyak”. Minyak berfungsi sebagai sarana yang mengurapi (memberi wewenang/otoritas), untuk menyembuhkan dan juga untuk menjaga agar api di pelita tetap bisa menyala. Hidup dipimpin Roh Kudus akan membuat kita tetapi berapi-api meskipun sedang berada di akhir zaman dengan berbagai macam kesusahan dan pergumulannya (2Tim 3:1-9).

Bagaimana agar hidup Anda selalu dipenuhi dan dipimpin Roh Kudus? 

  1. HIDUP INTIM DENGAN ALLAH (ay. 12)

5 gadis yang bodoh tidak dikenal oleh Tuhan. Hal itu menunjukkan bahwa mereka tidak memiliki pengenalan dan keintiman dengan Tuhan. Di tengah keadaan akhir zaman yang penuh tantangan, kita dipanggil untuk semakin memiliki keintiman dengan Tuhan agar senantiasa mendapatkan kekuatan yang baru di dalam Dia.

Apakah upaya Anda untuk memiliki keintiman dengan Tuhan? Ceritakan pengalaman Anda!

S4- SASARAN DAN RENCANA

Buatlah jadwal sehari-hari, yang akan membuat Anda lebih dekat dengan Tuhan, hidup dalam firman-Nya dan semakin mengasihi-Nya.