Minggu I ~ JULI 2021 ~ HIKMAT UNTUK HIDUP SUKSES

S1- SEMBAH DAN PUJI

S2- SUASANA

Apa berkat rohani yang Anda alami selama seminggu ini. Mungkin itu kesaksian atau berkat dari pembacaan firman Tuhan setiap hari.

S3- SHARING FIRMAN DAN DISKUSI

Ulangan 30: 14-16

Tuhan adalah sumber hikmat, oleh sebab itu Salomo menyampaikan firman Allah bahwa permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN. Kalau kita hormat akan TUHAN maka hikmat akan ada dalam kehidupan kita.  Bagaimana agar kita memiliki hikmat untuk hidup sukses? Ada beberapa yang akan kita perhatikan sesuai yang tercatat dalam Kitab Ulangan 30:15-16.

  1. DEKATLAH DENGAN TUHAN SANG PEMBERI HIKMAT (ay. 15).

Menurut ayat ini yang memberi kehidupan dan keberuntungan itu siapa? Ya, TUHAN sendiri! Dialah yang bisa memberikan keberhasilan bagi setiap orang. Kalau demikian maka tidak ada jalan lain untuk kita bisa berhasil dalam kehidupan ini adalah dekat dengan TUHAN sendiri. Dialah yang akan memberi hikmat untuk meraih keberhasilan demi keberhasilan. Mintalah hikmat daripada-Nya (Yak. 1:5).

Apakah Anda sudah dekat dengan Dia? Kira-kira menurut Anda bagaimana agar Anda dekat dengan Sang Pemberi Hikmat?

  1. HIDUPLAH DALAM FIRMAN ALLAH, SUMBER HIKMAT (ay. 14; Mzm 19:8)

Kita percaya tokoh-tokoh besar Kristen berhasil dalam  hidupnya karena bergaul dengan Firman Tuhan. Itu sebabnya mereka bisa dipakai dengan hikmat yang luar biasa membawa dampak yang besar selama hidupnya. Firman Tuhan adalah sumber hikmat yang paling dahsyat dalam kehidupan kita. Dengan merenungkan Firman Tuhan siang dan malam maka kita akan terus menerima hikmat serta tuntunan Tuhan dalam hidup kita. Tidak ada pengetahuan, ilmu, pengajaran yang ada di dunia ini yang bisa menyamai Firman Tuhan.

Bagaimana dengan Anda? Apakah firman-Nya menjadi penuntun keseharian Anda?

  1. KASIHILAH TUHAN SANG PEMBERI HIKMAT (ay. 16)

Seseorang yang mengasihi Tuhan, pasti dia menuruti apa yang diperintahkan-Nya dengan penuh sukacita. Karena kasih, seseorang akan melakukan apa saja yang diminta oleh yang dikasihinya, termasuk hal-hal yang sulit dia lakukan. Kunci seseorang hidup berhasil dan diberkati Tuhan  adalah mengasihi Tuhan.

Apakah Anda sudah mengasihi Tuhan? Apa buktinya Anda sudah mengasihi Tuhan? Ceritakanlah!

S4- SASARAN DAN RENCANA

Buatlah jadwal sehari-hari, yang akan membuat Anda lebih dekat dengan Tuhan, hidup dalam firman-Nya dan semakin mengasihi-Nya.