Minggu II ~ Agustus 2021 ~ MENGHORMATI ORANG TUA

 

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

S2 – SUASANA (10 Menit)

Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)

BACAAN: Efesus 6:1-3

Di dunia ini, mungkin saja ada orang yang tidak dikaruniai anak, tetapi setiap orang pasti memiliki orang tua. Mungkin orang tua kita tidak sempurna. Tetapi itu tidak boleh menghentikan kita untuk tidak menghormati mereka. Sebab, menghormati orang tua adalah kewajiban dan hak setiap orang sebagai seorang anak. Mari kita lihat 2 kebenaran ini.

  1. MENGHORMATI ORANG TUA ADALAH PERINTAH TUHAN (AY. 1-2)

Kita pasti tahu bahwa sebuah perintah adalah sesuatu yang wajib untuk kita lakukan. Namun, terkadang kita lupa dan menganggap bahwa menghormati orang tua bukanlah perintah tetapi pilihan. Artinya, ada orang merasa, jika menurutnya orang tuanya layak untuk dihormati, maka dia akan menghormati orang tuanya. Namun ini tidak benar. Menghormati adalah perintah yang harus dilakukan.

Apakah Anda sudah menghormati orang tua Anda? Apakah ada sesuatu hal yang membuat Anda sulit untuk menghormati orang tua Anda?

  1. MENGHORMATI ORANG TUA MEMBUAT KITA MENERIMA BERKAT (AY. 3)

Semua orang tentunya ingin panjang umur. Dan bukan hanya sekedar panjang umur tetapi pasti maunya berbahagia. Karena itulah banyak orang berusaha untuk bekerja, banting tulang juga menjaga kesehatan. Tentunya itu baik. Tetapi kita perlu menyadari bahwa terlebih dari usaha kita, berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya. Tuhan berjanji bahwa jika kita menghormati orang tua, kita berhak untuk menerima kebahagiaan dan umur panjang di bumi.

Apakah Anda benar-benar percaya bahwa janji Tuhan ini ya dan amin? Apakah Anda pernah mengalami suatu terobosan atau jalan keluar dari Tuhan ketika Anda melakukan perintah-Nya? Sharingkan!

Tuhan telah menetapkan otoritas ilahi di dalam keluarga. Kita harus hidup dalam otoritas ini. Seumur hidup kita, kita akan selalu menjadi anak dari ayah / ibu kita. Karena itu, penghormatan kita kepada mereka tidak boleh berhenti ketika kita sudah mandiri tetapi harus terus dipertahankan seumur hidup.

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)

Belajarlah untuk menghormati orang tua kita. Tindakan nyata yang bisa kita lakukan adalah dengan menaati mereka – dengan tentunya harus berpegang kepada ketetapan Tuhan yang lain.