Minggu IV ~ Agustus 2021 ~ MENJAGA PERGAULAN

 

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

S2 – SUASANA (10 Menit)

Berkat rohani apa yang Anda dapatkan dari pembacaan & penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah singkat dalam kelompok!

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)

BACAAN: 1 KORINTUS 15:33-34

Sebagai makhluk sosial, kita tidak bisa lepas dari interaksi dengan orang lain. Ketika berinteraksi dengan orang yang tepat atau orang yang baik, kita tentu akan mendapatkan banyak manfaat darinya. Tetapi jika kita salah dalam bergaul, maka ada konsekuensi-konsekuensi yang akan kita tanggung. Apa yang akan terjadi jika kita salah dalam pergaulan?

  1. BISA MEMBAWA KEPADA KESESATAN

Pergaulan kita yang salah, membuka kemungkinan untuk menuntun pada kesesatan. Biasanya guru-guru palsu adalah mereka yang dengan sengaja menebar kesesatan dengan terlebih dahulu menjalin pergaulan dengan yang akan disesatkan. “Racun” ditebarkan sedikit demi sedikit melalui nilai-nilai yang ditanamkan selama pergaulan tersebut. Jika tidak hati-hati, orang percaya akan dengan mudah disesatkan.

Apa upaya yang Anda lakukan untuk menangkal ajaran palsu? (Bdk 1 Yoh 4:1-2)

  1. BISA MERUSAK KEBIASAAN BAIK

Kehidupan Kristen menekankan perbuatan baik setelah diselamatkan sebagai buah-buah kebenaran. Hal tersebut dibangun, diusahakan dan dibiasakan sehingga menjadi sesuatu yang dilakukan dalam keseharian. Tetapi jika kita salah bergaul, apa yang sudah kita bangun itu dapat runtuh dan berubah menjadi kebiasaan yang buruk. Kebiasaan baik yang sudah kita miliki, rusak karena pengaruh buruk pihak lain.

Apakah Anda pernah mengalami lunturnya hal-hal yang baik karena kesalahan pergaulan? Ceritakan pengalaman Anda!

  1. BISA MEMBAWA KEPADA DOSA

Yang lebih buruk adalah bahwa pergaulan yang salah dapat membuat kita pada tindakan-tindakan yang melanggar hukum Allah. Karena pengaruh orang-orang yang jahat, negatif dan tidak mengenal Allah; kita terbawa pada kebiasaan hidup berdosa yang menurut mereka mungkin adalah hal yang biasa-biasa saja. Alangkah pentingnya kita meningkatkan kewaspadaan terhadap pergaulan yang kita jalin.

Apa yang Anda kerjakan untuk membangun pergaulan yang baik dan sehat?

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)

Usahakanlah untuk menceritakan siapakah teman-teman dalam lingkaran pergaulan Anda kepada orang tua, mentor, kakak rohani atau otoritas lain dalam hidup Anda agar Anda mendapat pengarahan dan pencerahan!