Minggu V ~ Agustus 2021 ~ MENGEMBANGKAN POTENSI DIRI

 

S1 – SEMBAH DAN PUJI (20 Menit)

S2 – SUASANA

Apakah berkat rohani yang Anda dapatkan dari pembacaan dan penerapan prinsip firman dalam Renungan Harian Nilai Kehidupan sepanjang minggu ini? Ceritakanlah secara singkat di dalam kelompok.

S3 – SHARING FIRMAN DAN DISKUSI (50 Menit)                

BACAAN: ROMA 12:4-8

Musa diizinkan Tuhan 40 tahun di padang pasir agar mempersiapkan diri menjadi pemimpin bangsa Israel yang besar. Yusuf diizinkan Tuhan mengalami ketidakadilan hingga masuk penjara agar bisa menjadi raja muda di Mesir. Tuhan merancangkan segala sesuatu di dalam kehidupan orang percaya agar mampu mengembangkan potensi diri dan hidup berguna bagi pekerjaan Tuhan. Apa saja yang harus kita lakukan untuk dapat mengembangkan potensi diri?

  1. TERTANAM DALAM TUBUH KRISTUS (Ay 4)

Keselamatan adalah anugerah dan kasih karunia Tuhan bagi setiap orang percaya. Tetapi Tuhan juga menghendaki agar setelah kita menjadi orang percaya, kita dapat tertanam dalam tubuh Kristus. Artinya Tuhan menghendaki agar kita menyadari panggilan hidup kita sebagai orang percaya dan mampu bekerja sama dengan sesama orang percaya untuk memperluas Kerajaan Allah di muka bumi. Wadahnya bisa berupa gereja, persekutuan, komsel, sekolah, dst. Apakah Anda sudah tertanam dalam tubuh Kristus? Ceritakanlah pengalaman Anda!

  1. MENEMUKAN KARUNIA ROHANI (Ay 6-8)

Tuhan menciptakan setiap kita itu unik dan berada dalam rancangan-Nya yang ajaib. Artinya Tuhan memiliki tujuan yang berbeda-beda bagi setiap kita. Itu sebabnya penting bagi orang percaya untuk dapat menggali dan menemukan apa karunia rohani yang dimilikinya. Dengan menemukan karunia rohani, kita akan lebih memahami apa yang harus kita kerjakan dalam memenuhi rencana Allah. Apakah Anda sudah menemukan karunia rohani Anda? Jika belum, apa kendalanya?

  1. MENGEMBANGKAN KARUNIA ROHANI (Ay 6-8)

Ingat kisah perumpamaan yang Tuhan Yesus ajarkan mengenai talenta? Dikisahkan Tuan akan menghukum hamba yang tidak melipatgandakan talentanya. Artinya Tuhan menginginkan agar setiap talenta yang kita miliki untuk dikembangkan, termasuk karunia rohani. Tujuannya agar kita mendukung pekerjaan Allah di muka bumi ini. Apa yang sudah Anda lakukan untuk mengembangkan karunia rohani Anda? Ceritakanlah pengalaman Anda!

S4 – SASARAN DAN RENCANA (10 Menit)

Belajarlah mengembangkan potensi diri untuk kemuliaan nama Tuhan!